Manajemen pemasaran

FAKTOR-FAKTOR YANG MENJADI KUNCI SUKSES JASA

  1. Memperbarui jasa yang ditawarkan
Ekonomi jasa / service economics : prasarana dan biaya tetap yang substansial (pendapatan sangat sensitif terhadap kegunaan). contoh : tingkat kunjungan restoran cepat saji sangat bergantug pada kecepatan pelayanan dan ketersediaan produk.
Kebutuhan konsumen/consumers needs : jasa harus sesuai dengan kebutuhan konsumen. harus dapat menjawab kebutuhan konsumen dan update terus , ekspansi, fokus atau mempertahankan kualitas layanannya.
Perpanjangan jasa/service extension: jika pada produk barang, adanay perubahan pasar dapat menajdi sebuah ancaman. Namun bagi produk jasa, adanya perubahan pasar adalah kesempatan untuk melakukan inovasi dan peningkatan jasa. Contoh : Jessica by Tiki
Kunci peningkatan jasa/ the key to service enhancement : peningkatan/perbaikan jasa adalah kunci bagi sektor jasa. Untuk itu perlu adanya pendeteksian masalah. metode pendeteksian masalah : a. survei b. mendeteksi masalah lebih mendalam (ranking masalah yang mungkinmuncul c. analisis konten komputer (suatu pengembangan riset perilaku, wawancara dilakukan secara terstruktur–dilakukan oleh komputer) d. Layanan jawaban (pertanyaan dan keluhan tersimpan oleh perusahaan).
2. melokaliasai sistem of point of services
Ketersediaan sangatlah penting : penggunaan jasa sanat penting karena jasa tidak dapat disimpan. Jika jasa tersebut butuhnya hari ini, ya harus hari ini juga diberikan. jika tidak, mungkin momennya sudah hilang. Produsen jasa perlu memperhatikan tempat penyediaan jasa agar konsumen memiliki banyak pilihan untuk mendapatkan jasa tersebut. Contoh : McDonalds , Marriott
Meniru cara distribusi koran : semakin banyak agen / rak penjualan , maka akan lebih baik konsumen akan lebih mudah mendapatkan koran tersebut.
3.melakukan kontak layanan untuk mengikat konsumen : adanya membership dengan berbagai keuntungan
4.menggunakan kekuatan informasi
informasi pada sektor jasa sangat penting karena sangat sensitif. seperti info soal konsumen, transaksi, dan karyawan karena dapat membedakan dengan kompetitor. akan berpengaruh pada kuallitas jasa dan pelayanannya sendiri.
5. menetapkan nilai strategis pada konsumen
nilai strategis : fungsi dari design strategi bisnis dan penilaian terhadap metodologi sehingga dapat menerangkan isu isu di atas.

Komentar

Postingan Populer